Badan Geologi Petakan Potensi Logam Tanah Jarang

Sugeng rawuh Knm-Team di Website Kami!

Knm-Team, Jakarta – Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Muhammad Wafid mengatakan lembaganya telah menerbitkan peta sebaran mineral kritis dan strategis. “Pada tahun 2023, kami akan menerbitkan peta sebaran mineral kritis dan strategis, termasuk peta sebaran logam tanah jarang atau LTG atau biasa disebut REE,” ujarnya di Bandung, Jumat, 19 Januari 2024. Badan Geologi Petakan Potensi Logam Tanah Jarang

Wafid mengatakan, pemetaan ini merupakan bagian dari kegiatan Survei Geologi untuk mendukung program transisi energi dan pengembangan energi hijau. Ia mencontohkan, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah eksplorasi mineral litium dan boron, sebagai salah satu mineral logam yang termasuk dalam kategori mineral kritis dan strategis.

“Badan Geologi telah melakukan kegiatan eksplorasi mineral litium dan boron. Hasil penelitian kami menunjukkan beberapa daerah dengan kandungan litium dan boron yang cukup menjanjikan,” kata Vafid.

Hasil survei mineral tanah jarang salah satunya adalah usulan pembukaan kawasan pertambangan tanah jarang.

Berdasarkan hasil survei yang kami lakukan, kami merekomendasikan usulan wilayah izin usaha pertambangan logam tanah jarang yang pertama di Indonesia, yaitu wilayah Mamuju. Kedepannya, kami akan memberikan rekomendasi lebih lanjut untuk usulan wilayah izin usaha pertambangan logam tanah jarang. di Indonesia,” kata Wafid.

Wafid mengatakan, setidaknya ada 5 lokasi potensial litium dan boron di Indonesia. Kelima tempat ini yang diteliti pada tahun 2023 adalah Bledug Kuwu, Bledug Cangkring, Jono, Crewek, dan Kasonga. Tim Fakultas Teknik UI Cari Kerja Sama Bidang Keamanan Siber ke Jepang

“Di Jawa salah satunya di Bledug Kuvu. Penelitian itu dilakukan untuk mengambil air garam dan garam untuk uji laboratorium. Dan ada beberapa data yang kita dapat dari litium itu,” kata Wafid.

Ia mengatakan, sejumlah lokasi pengeboran panas bumi juga diduga mengandung litium. “Sebenarnya ada juga panas bumi, ada juga di luar negeri. Di Indonesia, salah satu daerah panas bumi di Pulau Jawa terdapat unsur litium sebagai pengotor kerak dari energi panas bumi, sehingga bisa dilakukan kajian lebih lanjut, ” dia berkata.

Wafid mengatakan, selain pemetaan, Survei Geologi pada tahun 2023 juga akan memperbarui data neraca energi dan sumber daya mineral. Pemutakhiran data tersebut meliputi 2.645 data lokasi mineral logam, 4.600 data lokasi mineral non logam dan batuan, 1.646 data lokasi batubara, 70 data metana batubara, 70 data lokasi gambut, dan 361 data panas bumi.

Data tersebut dihimpun dari 71,36 persen badan usaha mineral dan 98 persen badan usaha batubara di Indonesia, serta data pemerintah daerah, kata Wafid.

Ia mengatakan, penelitian khusus mineral yang mengandung radioaktivitas telah dilakukan lembaganya pada tahun 2010-2013. Namun penelitian bahan mineral dilakukan langsung oleh BRIN.

Wafid mengatakan pada tahun 2023, Survei Geologi juga akan mulai menggali potensi hidrogen alam sebagai energi baru terbarukan alternatif pengganti energi fosil. Hidrogen alami dapat digunakan sebagai sumber energi listrik.

Kondisi geologi Indonesia memungkinkan terbentuknya hidrogen alami. “Kami telah mengeksplorasi potensi hidrogen alami di Sulawesi dan hasilnya menemukan hidrogen alami dalam jumlah yang menjanjikan untuk eksplorasi lebih lanjut,” ujarnya.

Sekretaris Badan Geologi Rita Susilavati mengatakan, kegiatan eksplorasi yang dilakukan lembaganya terhadap mineral litium dan boron masih dalam tahap penyelidikan awal. “Kita masih perlu melakukan kegiatan eksplorasi tambahan melalui survei geofisika dan hidrologi eksplorasi. Nanti pada tahun 2024 terus berlanjut, harapannya pada tahun 2025 hasilnya lebih konklusif,” ujarnya.

Rita mengatakan, terkait hidrogen alami, saat ini belum ada regulasi yang mengatur penggunaannya. “Masih belum ada regulasi bagaimana kita bisa mengembangkan hidrogen alami,” ujarnya.

Pilihan Editor: CEO Google memperingatkan PHK akan terus berlanjut tahun ini, dampak AI?

Selalu update informasi terkini. Simak berita terkini dan berita pilihan dari Knm-Team di channel Telegram “Knm-Team Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Masyarakat di sekitar Gunung Levotobi Laki harus mewaspadai potensi banjir lahar. Baca selengkapnya

Intensitas erupsi Gunung Semeru meningkat sejak Rabu malam 24 Januari 2024 sekitar pukul 19.14 WIB. Baca selengkapnya

Gunung Ibu di Maluku Utara meletus dua malam berturut-turut. PVMBG telah menetapkan gunung berapi ini dalam status waspada. Baca selengkapnya

Survei Geologi akan memperbarui peralatan pemantauan gunung berapi 160 pada tahun 2023. Baca selengkapnya

Dewan Geologi telah memperbarui rekomendasi kawasan yang akan dilepas ke Level IV atau status jaga Gunung Levotobi Laki di Pulau Flores. Baca selengkapnya Badan Geologi Petakan Potensi Logam Tanah Jarang

Dewan Geologi menaikkan tingkat aktivitas vulkanik Gunung Marapi dari Level II menjadi Level II (Peringatan) mulai 9 Januari 202 Baca Selengkapnya

Tanah di Chipondok telah didaftarkan sebanyak tiga kali, yakni pada tahun 1970, 1992, dan terakhir pada tahun 2024. Baca Selengkapnya

Kondisi saat ini Gunung Marapi masih mengalami erupsi pada Selasa pukul 19.43 WIB. Baca selengkapnya

Jika tubuh mengandung terlalu banyak unsur logam, sejumlah masalah kesehatan bisa terjadi. Baca selengkapnya

Pergerakan sesar Cileunyi-Tanjungsari berpotensi menimbulkan gempa bumi di kampus dan pemukiman warga di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Baca selengkapnya