Lewat Donor Darah, Masyarakat Bisa Peran Aktif dalam Menyelamatkan Nyawa

Sugeng rawuh Knm-Team di Website Kami!

JAKARTA – Donor darah masyarakat dan layanan kesehatan masyarakat merupakan dua pilar penting dalam sistem kesehatan, khususnya bagi kelompok masyarakat kurang mampu. 2 Kegiatan ini tidak hanya berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan masyarakat secara keseluruhan, namun juga mendukung kelangsungan hidup dan meningkatkan kualitas hidup para korban. Lewat Donor Darah, Masyarakat Bisa Peran Aktif dalam Menyelamatkan Nyawa

Mendonor darah merupakan tindakan kemanusiaan sederhana yang mempunyai dampak besar dalam menyelamatkan nyawa. Lanjutkan, oke?

Dalam keadaan darurat, seperti kecelakaan atau operasi besar, kebutuhan akan transfusi darah sangatlah penting. Kecukupan darah di bank darah memastikan kebutuhan medis yang mendesak dapat dipenuhi tanpa penundaan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap negara perlu mengumpulkan darah sekitar 2% dari total penduduk setiap tahunnya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dasar. Ngakak! Deretan Gaya Tukang Kerupuk Goreng dengan Kostum-kostum Unik

Bagi masyarakat yang kurang terlayani, akses terhadap donor darah yang aman dan terjangkau dapat menjadi sebuah tantangan. Dengan adanya program donor darah masyarakat, kesempatan untuk menerima donor darah semakin meningkat sehingga membantu mengurangi kesenjangan akses terhadap layanan kesehatan penting ini.

Pelayanan kesehatan, khususnya bagi masyarakat kurang mampu, merupakan langkah penting dalam mengurangi kesenjangan kesehatan. Layanan ini sering kali mencakup pemeriksaan kesehatan, vaksinasi, pengobatan, serta konsultasi kesehatan. Layanan ini memungkinkan deteksi dini penyakit, sehingga dapat mencegah komplikasi serius dan mengurangi biaya pengobatan jangka panjang.

Selain itu, pelayanan kesehatan masyarakat juga berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan pencegahan penyakit. Edukasi mengenai gizi, kebersihan dan hidup sehat merupakan bagian penting dari layanan ini karena memberikan manfaat jangka panjang kepada masyarakat.

Sadar akan pentingnya hal ini, diadakanlah proyek INDODAX untuk Indonesia: Misi Pelayanan Kesehatan Terpadu. Proyek ini berfokus pada dua kegiatan utama: donor darah dan layanan kesehatan masyarakat bagi masyarakat kurang mampu.

Kegiatan donor darah ini berawal dari minimnya kantong darah di Palang Merah Indonesia ( PMI). Menurut standar yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), persyaratan kantong darah yang sesuai di negara tersebut adalah sekitar 2% dari total populasi.

Dengan jumlah penduduk Indonesia sebesar 277,75 juta jiwa pada tahun 2022, diperkirakan Indonesia membutuhkan sekitar 5,56 juta kantong darah per tahun. Namun data terkini PMI per 14 Juni 2023 menunjukkan ketersediaan darah yang tersedia hanya 77.438 kantong.

Oscar Darmawan, CEO INDODAX, mengatakan program donor darah ini diharapkan dapat membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah di Indonesia.

Artinya, jumlah tersebut masih jauh dari perkiraan kebutuhan kantong darah sesuai standar WHO. Oleh karena itu, sebagai brand Peduli, INDODAX akan membantu PMI melalui program donor darah, sehingga masyarakat dapat lebih terbantu, kata Oscar. . . Lewat Donor Darah, Masyarakat Bisa Peran Aktif dalam Menyelamatkan Nyawa

Pada tanggal 15 November 2023, INDODAX bersama platform donasi online Ayohelp sukses menyelenggarakan acara donor darah di Saintuary Sports Center, Jakarta Pusat. Darah yang terkumpul akan dikelola oleh Palang Merah Indonesia Bekasi.

Selain itu, pada tanggal 23 November 2023, INDODAX juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat di Kampung Nelayan, Cilincing-Jakarta Utara yang merupakan bagian dari program CSR yang sama. Pemeriksaan kesehatan ini terbuka untuk segala usia dan mencakup pemeriksaan, pengobatan, dan rujukan. Masyarakat setempat pada dasarnya juga menerima perbekalan dan obat-obatan gratis. Relawan Prabowo Donor Darah dan Susu Gratis untuk Cegah Penyakit Steroid, Relawan Prabowo Donor Susu Gratis dan Darah Gratis Knm-Team 28 Januari 2024